Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Panda

“LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGENAI PANDA”

 

 




LAPORAN HASIL OBESRVASI “PANDA”


            Panda adalah makhluk hidup yang berupa bintang yang tinggal di bumi. Panda ternyata digolongkan menjadi dua anggota yaitu Ailuropoda melanoleuca (Panda Besar) dan Ailurus fulgens (Panda Merah). Klasifikasi ilmiah dari panda dapat diketahui dari tabel berikut:


 

            KLASIFIKASI ILMIAH PANDA

 

Kerajaan

Animalia

Filum

Chordata

Kelas

Mammalia

Ordo

Carnivora

Famili

Ursidae

Genus

Ailuropoda

Spesies

Ailuropoda melanoleuca (Panda Besar)

dan Ailurus fulgens (Panda Merah)

 

  

PANDA BESAR

 


            Panda Besar / Ailuropoda melanoleuca  diringkas Panda, adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruangUrsidae, yang hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet.

          

Panda besar  terkenal dengan ciri khas warna bulu mereka yang dominant hitam dan putih. Bagian kaki, bahu, telinga dan lingkar mata biasanya berwarna hitam. Sedangkan selebihnya berwarna putih. Panda Besar juga memiliki cakar yang ganjil, dengan "jempol" dan lima jari; "jempol" ini sebenarnya tulang-pergelangan tangan yang termodifikasi.

          

Meskipun secara taksonomis panda besar adalah karnivora, makanannya seperti herbivora, sebagian besar tumbuh-tumbuhan, hampir hanya bambu saja. Secara teknis, seperti banyak hewan, panda adalah omnivora (Bisa disebut Karnivora, Omnivora, Herbivora), karena diketahui mereka juga makan telur, dan juga serangga selain bambu. Kedua makanan ini adalah sumber protein yang diperlukan. Telinganya bergerak-gerak saat mereka mengunyah.

       

Selain itu, Saat musim dingin, panda besar berpindah ke tempat yang lebih rendah dan memiliki suhu yang lebih hangat. Saat musim panas, mereka akan kembali ke dataran tinggi yang lebih dingin.

        

             Masa kehamilan seekor panda mencapai 125 sampai 150 hari. Setelah itu panda betina akan melahirkan 1-2 ekor bayi panda. Bayi panda akan mulai membuka matanya pada usia 6-8 minggu. Anak panda akan mulai berjalan pada usia 3 bulan. Beratnya rata-rata mencapai 91-136 kg dengan tinggi sampai 1,8 m. Seekor panda betina hanya akan menjaga dan merawat satu anak saja. Jadi, jika dia mendapatkan lebih dari satu anak, dia akan merawat yang satunya saja dan kemudian membiarkan begitu saja anak yang lainnya. Ibu panda akan memberi makan salah satu anaknya selama 8-9 bulan pertama karena setelahnya anak tersebut sudah bisa mandiri, sementara anak lainnya harus bisa mengurus dirinya sendiri sejak awal atau mereka mati. Sehingga terkadang panda besar termasuk hewan terkejam.



PANDA MERAH

  


Panda merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Sesuai namanya, Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Buntutnya panjang dengan duabelas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es.

 

            Klasifikasi taksonomi panda merah sudah lama menimbulkan kontroversi. Sebelumnya panda merah ditempatkan dalam suku keluarga beruang Ursidae karena mempunyai kesamaan dengan beruang panda, keduanya memiliki lima jari dengan ekstra jari di samping lima jarinya. Jari ekstra ini adalah tulang pergelangan tangan yang termodifikasi. Panda merah juga ditempatkan dalam suku tunggal Ailuridae. Namun sekarang spesies ini ditempatkan dalam suku Procyonidae, karena kemiripannya dengan spesies hewan dalam keluarga rakun. Panda merah merupakan satu-satunya spesies di subsuku Ailurinae dan genus tunggal Ailurus.

       

            Panda merah ukuran panjang tubuhnya hanya 79 hingga 112 cm, bandingkan dengan panda besar yang rata-rata 150 cm. Karenanya ia disebut juga panda kecil. Panjang ekornya 28 hingga 48,5 cm, lebih panjang dari panda besar yang hanya 16 cm. Beratnya antara 3 hingga 4,5 kg, jauh lebih ringan dari panda besar yang beratnya 125 kg.

         

            Panda merah hidup di hutan pegunungan dan hutan bambu pada ketinggian 1800 hingga 4000 meter di sepanjang lereng tenggara Himalaya. Lebih luas dari habitat panda biasa yang hanya terbatas di bagian kecil pegunungan Hsifan di Szechuan barat.

 

            Panda merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. Di tanah, saat berlari, panda merah melengkungkan punggungnya dan mengangkat ekornya sementara mengarahkan tangannya ke dalam pada tiap langkah. Walaupun memiliki sistem pencernaan hewan karnivora, panda merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora. Makanan utamanya adalah bambu, dan termasuk aneka buah, akar-akaran, rumput, beri dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Untuk tambahan gizi, panda merah juga memakan telur, anak burung, serangga dan hewan-hewan kecil.

 

            Walau panda merah dapat melompat hingga 1,5 meter, mereka menghindarinya karena mereka lebih suka memanjat. Ia sering berbaring di dahan pohon dan tidur disana. Panda merah jarang terlihat di habitat aslinya. Ia asosial dan hidup sendiri, namun kadang berpasangan. Bila ada bahaya mengancam, ia lari ke lubang di bebatuan atau memanjat pohon.

 

            Panda merah betina biasanya melahirkan dua ekor anak panda. Anak-anak panda ini buta waktu dilahirkan, dan mulai dapat melihat setelah berumur tiga minggu. Jantan dewasa tidak berperan dalam membesarkan anak panda. Panda merah jantan adalah hewan teritorial, mereka menandai daerahnya dengan menggesekan kantung hormon mereka di benda-benda yang terdapat di alam liar.

 

            Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan dan untuk diambil bulunya, serta daerah dan populasi dimana spesies ini ditemukan terbatas, panda merah dievaluasikan sebagai terancam Punah di dalam IUCN Red List.

 


Komentar